Unity, Satu Game Engine untuk Multiplatform.

[Update: Unity sudah merilis versi terbarunya, Unity versi 5]

Hai.. Sudah pernah main game buatan Rovio yang berjudul Bad Piggies belum? Kalau belum, kamu bisa coba mainkan game itu di smartphonemu (iOS, Android, atau Windows Phone). Bahkan kamu bisa memainkannya di PC atau Mac juga lho..

Waah.. Kok Rovio bisa ya bikin game untuk banyak platform seperti itu? Mereka bikin gamenya pakai apa ya..? Ternyata untuk membuat game Bad Piggies itu, Rovio memakai game engine bernama Unity (dikenal juga dengan nama Unity3D). Game Engine? Unity?

Pada posting yang membahas tentang langkah pertama bikin game untuk programmer, saya telah bahas sekilas tentang penggunaan game engine untuk membuat game. Salah satu contoh game enginenya adalah Unity.

Unity_3D_logo Unity adalah game engine yang dikembangkan oleh Unity Technologies. Pertama kali diluncurkan pada tahun 2005, dan terus mengalami perkembangan sampai dengan versi terbarunya (Unity versi 5) yang diluncurkan beberapa waktu lalu.

Apa menariknya Unity?

Well.. Beberapa hal yang menarik dari Unity adalah:

  • Menyediakan tools yang terintegrasi untuk proses pembuatan game, seperti:
      • Editor yang terintegrasi.
      • Asset workflow yang memudahkan kamu untuk mengatur aset (image, sound, dll) yang akan digunakan di dalam game.

    Kamu bisa mampir ke sini untuk melihat gambaran yang lebih jelas tentang workflow Unity dalam proses pembuatan game.

  • Unity juga memungkinkan kamu untuk membuat game yang kualitasnya setara dengan game AAA. Unity menyediakan fitur rendering, lighting, sound fx, physics dll. Untuk lebih lengkapnya kamu bisa baca-baca di sini.
  • unity3d_publish Dengan Unity, kamu bisa merilis game dengan target multiplatform mulai dari PC/Mac, mobile (iOS, Android, Windows Phone), Web sampai dengan konsol.
  • Unity juga memiliki asset store yang memungkinkan kamu untuk mendapatkan aset-aset yang kamu butuhkan untuk membuat game, mulai dari model karakter, sound fx, sampai dengan tutorial. Serunya lagi, kamu juga bisa membuat aset dan kamu jual lewat asset store tadi.
  • Unity juga didukung oleh komunitas pengguna yang bisa menjadi tempat kamu untuk saling berbagi, berdiskusi dan belajar.

Seru juga, mulainya darimana ya?

Kamu bisa mulai dari mendownload Unity di sini.

Oiya.. Unity memiliki dua versi, berbayar (pro) dan free. Tapi tenang saja, fitur-fitur Unity yang free cukup lengkap kok untuk membuat game yang fun dan berkualitas. Kamu bisa cek di sini untuk melihat perbandingan antara kedua versi itu.

Setelah mendownload Unity, kamu bisa mulai belajar dengan melihat tutorial dan dokumentasinya di sini.

Ayo buat game!

Untuk membangkitkan inspirasi kamu, berikut beberapa contoh game yang dibuat dengan menggunakan Unity:

Okay.. Sampai disini dulu saja posting singkat saya tentang perkenalan awal Unity ini. Semoga bisa jadi tambahan informasi buat kamu yang tertarik untuk membuat game sendiri.

Kalau ingin berbagi pengalaman dan pendapat kamu tentang Unity ini, kamu bisa post komentarmu di bawah ya..

Selamat bereksperimen dan bersenang-senang membuat game..

Cheers..!

Posted from WordPress for Lumia

Iklan