Crossy Road, Petualangan Nyebrang Jalan Bareng Ayam.

Hai.. Jumpa lagi di sini, sudah lama juga ya tidak posting artikel yang baru di blog. Mohon maaf buat kalian yang mampir kesini dan belum menemukan posting yang baru lagi.

Kali ini saya ingin pemanasan dulu untuk merilis posting-posting baru dengan membahas topik yang ringan. Topik yang menyenangkan sebenarnya, karena posting ini akan membahas tentang main game!

Crossy Road Icon Game Kalian sudah pernah main game Crossy Road?

Game buatan Hipster Whale ini akan mengajak kita bermain untuk menyeberangkan jalan seekor ayam.

Seberapa susahnya sih memainkan ayam yang menyeberang jalan? Well.. Cukup susah ternyata. (^^,)

Kenapa Ayam Menyeberang Jalan?

Coba kita lihat dulu video dibawah untuk melihat seperti apa sih gameplay dari Crossy Road ini,

Seperti yang terlihat pada video tadi, cara memainkan game Crossy Road ini sebenarnya mudah. Sebegitu mudahnya sampai game ini tidak butuh tutorial untuk menjelaskan bagaimana cara memainkannya.

Ini mengingatkan saya pada game Flappy Bird yang sempat terkenal beberapa waktu lalu. Kedua game ini memiliki game mekanik yang sangat sederhana, mudah dimainkan tapi punya resep unik tersendiri yang menjadikannya sangat adiktif untuk dimainkan berulangkali.

Crossy Road Start Game

Dalam Crossy Road, kamu hanya perlu men-tap layar untuk menggerakkan karakter gamenya maju dan swipe ke arah kiri, kanan, dan belakang. Dan kamu harus berusaha untuk menghindarkan si ayam dari nasib tragis tertabrak kendaraan yang melintas. Tidak cuma itu, kamu juga harus bisa membimbing si ayam untuk menyeberangi sungai, jangan sampai tercebur dan tenggelam. Lalu kamu juga harus membimbing si ayam untuk menyeberangi rel tanpa tertabrak kereta (nasib yang sangat tragis sih sebenarnya) (^^,)

AH-Crossy-Road-2

Crossy-Road-2

Oiya.. Satu lagi, jangan sampai si ayam terlalu lama berdiri diam menunggu untuk menyeberang, karena nasib yang lebih tragis akan menimpanya. Disergap oleh elang dari atas untuk menu makan malam. (^^,)

syRoad_Android-2-1024x561

Okay.. Kembali lagi ke pertanyaan tadi, “kenapa ayam itu menyeberang jalan?”, apakah kamu harus menjawab pertanyaan ini ketika bermain sehingga game sederhana ini jadi susah dimainkan?

Hahaha.. Bukan itu sih.

Sebenarnya pertanyaan tadi adalah pencetus ide yang mengawali pembuatan game Crossy Road oleh Hipster Whale. Dan kamu tidak perlu menjawab pertanyaan ini kok.

Bagi kamu yang penasaran kenapa ayam menyeberang jalan, kamu bisa lihat jawabannya disini.

Jadi Susahnya Dimana Main Game Ini?

Bagi saya, game ini jadi terasa susah ketika ingin mengumpulkan koin sebanyak-banyaknya sekaligus ingin mencetak rekor untuk menyeberang jalan sejauh-jauhnya. Ini adalah objektif utama sekaligus tantangan yang ada dalam game Crossy Road ini.

Lho.. Seberapa susahnya sih untuk menyeberangkan jalan seekor ayam? Well.. Itu pertanyaan yang bisa dijawab ketika kamu coba memainkan game ini. Sekedar info dari saya, justru karena objektif game ini terkesan sangat mudah, namun ketika kita gagal melaksanakannya itulah yang memberikan game sederhana ini memiliki tingkat kesulitannya sendiri.

Segudang Karakter Yang Bisa Dimainkan

Mungkin ada yang berasumsi kalau Crossy Road akan cepat membosankan untuk dimainkan. Karena tantangan dalam gamenya hanya itu-itu saja. Jangan khawatir, Hipster Whale dengan cerdas memasukkan segudang karakter game yang bisa kamu koleksi untuk dimainkan bergantian dalam game ini. Mulai dari binatang, orang, makhluk mistik, sampai dengan karakter-karakter rahasia yang unik.

crossy-road-collage1-e1417452174540-600x339

Bagaimana cara mendapatkan karakter-karakternya? Kamu bisa memperolehnya dengan cara membeli (pakai koin virtual dalam game) dari slot machine. Atau kamu bisa juga membelinya lewat metode In App Purchase yang tersedia. Dan jangan khawatir, Hipster Whale cukup baik hati untuk memberikan bonus koin dalam jangka waktu tertentu saat kamu memainkan game ini. Jadi kesempatanmu untuk mengoleksi karakter-karakter tadi cukup besar. (^^,)

Fluffy-Sheep

Cobalah mainkan beberapa karakter yang ada dalam Crossy Road ini, Hipster Whale pintar dalam mengerjakan hal-hal detil dengan memasukkan kejutan-kejutan kecil yang menambah nilai fun dalam Crossy Road. Hal ini bisa bikin kamu senyum-senyum sendiri saat bermain.

FYI, salah satu karakter favorit saya adalah karakter dari game Disco Zoo. (^^,)

Ayo Kita Main!

So.. Bagi kamu yang belum pernah memainkan Crossy Road, game ini tersedia untuk platform iOS, Android, dan baru-baru ini diluncurkan juga di Windows Phone.

Menurut saya game ini sangat menyenangkan untuk dijadikan pengisi waktu luang. Dan karakter-karakter yang ada di dalamnya sangat lucu untuk dikoleksi.

Satu lagi, dari sudut pandang game developer, game Crossy Road ini memiliki banyak hal yang bisa dipelajari untuk kita coba terapkan dalam game yang ingin kita buat.

Psst.. Hipster Whale bisa mendapatkan pemasukan sampai jutaan dollar lho dari game ini.. (^^,)

Nanti saya akan bahas tentang pelajaran game design yang saya dapatkan dari Crossy Road ini di posting yang berikutnya. Sekarang waktunya main lagi bersama si ayam.. (^^,)

Selamat bermain! Sampai jumpa di posting lainnya ya…

Posted from WordPress for Lumia

Iklan

Punya pendapat, ide atau saran..? Yuk di-share disini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s