Apa Kabar Keluarga Besar Cocos2D?

Hai.. Setelah baca-baca lagi posting saya tentang game engine, saya ingat tentang posting yang membahas tentang game engine yang juga cukup populer di kalangan game developer, Cocos2D.

Pada saat itu, Cocos2D merupakan salah satu pilihan yang banyak dipakai untuk bikin game di platform iOS. Dan seiring waktu, Cocos2D telah berkembang semakin luas menjadi beberapa varian game engine multiplatform.

Sekarang setelah lebih dari setahun sejak posting saya itu, apa kabar ya keluarga besar Cocos2D ini?

Cocos2D (Python) cocos2d

Varian nenek moyang dari game engine Cocos2D ini masih cukup aktif dikembangkan sampai sekarang. Walaupun namanya tidak sepopuler varian Cocos2D yang lainnya. Mungkin karena target platformnya yang hanya mencakup Windows, OSX, dan Linux saja dan tidak mencakup platform mobile seperti halnya varian Cocos2D lainnya.

Bagi kamu yang tertarik mempelajarinya, versi 0.6.6 yang merupakan versi terbarunya bisa kamu download disini.

Cocos2D-X cocos2dx

Varian ini bisa dibilang merupakan versi Cocos2D yang paling besar. Karena Cocos2D-X telah berkembang cukup pesat dengan dilengkapi oleh tool pendukung tambahan seperti:

  • CocoStudio
    CocoStudioLogo
    Tool ini terdiri dari beberapa komponen yang akan membantu saat bikin game, seperti:

    • UI Editor, yang membantu Game Artist untuk menyusun user interface dalam game.
    • Animation Editor, yang membantu Game Artist untuk membuat animasi yang akan digunakan dalam game.
    • Data Cruncher, yang membantu Game Designer untuk mengimpor tabel dan data game design menjadi format yang bisa dibaca oleh engine Cocos2D-X.
    • Scene Editor, yang membantu Game Designer untuk menyusun gamenya dan mensimulasikannya dari dalam editor tersebut.
  • Cocos Code IDE
    medium_CocosCodeIDE_1024 shrink
    Tool ini adalah editor pemrograman official dari Cocos2D-X. Lho, untuk apa lagi menggunakan editor yang baru lagi? Bukannya selama ini cukup pakai Xcode, Visual Studio atau Eclipse ya?
    Well.. Editor dari Cocos2D-X ini memiliki beberapa fitur yang membantu dan memudahkan programmer saat bikin game, seperti:

    • Live Coding, fitur ini memungkinkan programmer untuk langsung melihat hasil perubahan dalam kodingannya tanpa harus menunggu gamenya di-compile terlebih dulu.
    • One Click Publishing, fitur ini memudahkan programmer untuk membuat file instalan .apk untuk Android dan .ipa untuk iOS hanya dengan klik satu tombol saja.
    • Auto Completion, fitur ini membantu programmer untuk menggunakan fungsi-fungsi yang tersedia dalam API Cocos2D-x.

Kalau ingin melihat seperti apa penggunaan CocoStudio dan Cocos Code IDE tersebut, kamu bisa cek video berikut ini:

Tidak hanya tool tambahan, saat ini Cocos2D-X juga memiliki saudara yang dikhususkan untuk target platform HTML5, yaitu Cocos2D-JS.

Cocos2D-JS

cocos2d-html5 Varian Cocos2D yang satu ini adalah pengembangan dari Cocos2D-X untuk para programmer web. Karena Cocos2D-JS ini dibuat dengan menggunakan Javascript.

Dengan game engine ini kita bisa membuat game HTML5 yang dapat dimainkan di segala browser mulai dari desktop, smartphone sampai dengan tablet. Tidak hanya itu, Cocos2D-JS juga memiliki fitur yang memungkinkan kamu untuk mengubah game HTML5 buatanmu jadi aplikasi native yang bisa diinstal di iOS dan Android juga lho.

Tentunya ini jadi kabar baik bagi kalian yang sudah punya pengalaman sebagai programmer web tapi masih merasa kesulitan untuk mempelajari C++.

Oiya,  tool CocoStudio dan Cocos Code IDE yang tadi saya sebutkan juga kompatibel dengan Cocos2D-JS ini.

Hebat kan? (^^,)

Cocos2D-Swift Cocos2D-logo-angry

Cocos2D-Swift ini adalah transformasi dari varian Cocos2D-iPhone yang populer beberapa tahun yang lalu. Kalau dulu untuk menggunakan game engine ini kita harus menggunakan Objective C, pada versi yang sekarang ini kita juga bisa menggunakan bahasa pemrograman terbaru dari Apple, yaitu Swift.

Apple_Swift_Logo

Seperti halnya Cocos2D-X, Cocos2D-Swift ini juga memiliki visual editor. Visual editor yang dinamakan SpriteBuilder ini bisa membantu kita untuk membuat animasi, menyusun scene dalam game dan juga memiliki plugin untuk mengekspor gamenya ke platform Android.

spritebuilder

Kamu bisa lihat video dibawah untuk mengenal lebih lanjut tentang SpriteBuilder ini,

Cocos2D-XNA cocos2d_xna

Masih ada yang ingat dengan XNA? Framework milik Microsoft ini cukup populer beberapa tahun yang lalu, karena dengan menggunakan XNA, kita bisa membuat game dengan target konsol XBOX. Sayangnya tahun lalu Microsoft menghentikan pengembangan lebih lanjut dari XNA.

Untungnya saat ini pengembangan XNA dilanjutkan oleh dilanjutkan oleh komunitas OpenSource via MonoGame. Dan Cocos2D-XNA ini pun dikembangkan untuk mendukung para programmer C# agar bisa membuat game multiplatform.

Bikin game pakai Cocos2D mudah tidak ya?

Menurut polling kecil-kecilan yang saya buat beberapa waktu lalu, Cocos2D ini juga masuk sebagai game engine yang mudah. Kalau menurut saya pribadi sih, Cocos2D ini adalah game yang cukup membantu dan memberi kemudahan untuk bikin game. Tapi untuk dikatakan sebagai game engine yang mudah, itu kembali lagi ke penilaian masing-masing orang ya. (^^,)

Karena Cocos2D ini memang kelihatannya lebih condong untuk digunakan oleh para programmer. Namun, dengan adanya tambahan tools seperti CocoStudio dan SpriteBuilder, kalian yang bukan programmer pun bisa ikut serta dalam proses bikin gamenya.

Ayo bikin game!

Well.. Sekian dulu posting saya tentang kabar terbaru dari keluarga besar Cocos2D ini. Semoga bisa jadi tambahan masukan bagi kalian yang sudah memakai game engine ini ya.

Selamat bersenang-senang bikin game.. Cheers!

Posted from WordPress for Lumia

Iklan

2 thoughts on “Apa Kabar Keluarga Besar Cocos2D?

  1. skydog berkata:

    mau tanya mas…itu Cocos code IDE bisa digunakan C++ apa javascript doang? dideskripsi webnya kok cuma bisa digunakan javascript sama lua doang?

    • iya, setahu saya Cocos Code IDE ini memang cuma untuk Javascript dan Lua saja. Kalo untuk develop memakai C++ kamu bisa pakai IDE lain seperti Xcode atau VisualStudio.

Punya pendapat, ide atau saran..? Yuk di-share disini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s