Game Engine Termudah: Construct2

Hai.. Bagaimana kabar kalian setelah liburan berlalu?

Sudah mulai disambut dengan kesibukan dan rutinitas seperti biasanya ya. Hehehe…

Kadang kesibukan yang beruntun memang bisa bikin lupa waktu ya. Tak terasa sudah hampir sebulan sejak posting saya tentang polling game engine paling mudah. Terima kasih banyak bagi kalian yang sudah mampir dan berbagi pengalaman di sini.

Dari polling itu saya harap kita bisa belajar tentang pilihan game engine yang bisa kita gunakan untuk bikin game. Sebelumnya saya ingin mengingatkan kalau hasil polling itu bukan sesuatu yang mutlak. Karena pengalaman dan pengetahuan tiap orang berbeda. Apa yang mudah bagi seseorang belum tentu mudah bagi orang lain. Anggap saja polling itu sebagai pijakan awal untuk memilih. Setelah itu kamu bisa coba bereksperimen sendiri untuk menentukan seberapa mudahnya game engine tersebut. (^^,)

Jadi game engine apa yang sih yang paling mudah?

Construct 2, inikah game engine termudah? construct2_log

Dari hasil polling itu, sebagian besar memilih Construct 2 sebagai game engine yang paling mudah. Benarkah Construct 2 ini game engine yang paling mudah dibandingkan dengan yang lain?

Ada beberapa hal yang menurut saya menjadi alasan kenapa Construct 2 ini dianggap sebagai game engine termudah:

  • Yang pertama adalah karena kamu bisa bikin game tanpa harus ngoding! (^^,) Bagi beberapa orang, pemrograman adalah salah satu hal yang jadi rintangan awal ketika pertama kali mencoba bikin game. Masuk akal sih, karena pemrograman adalah kemampuan yang membutuhkan waktu dan latihan untuk dipelajari. Nah, Construct 2 ini menyediakan fitur-fitur yang membantu kamu untuk bikin game tanpa harus bisa ngoding terlebih dulu. Kalau penasaran seperti apa fiturnya, kamu bisa lihat di halaman ini.
  • Hal lain yang juga memudahkan dari Construct 2 ini adalah dukungan dokumentasi yang lengkap dan komunitasnya yang aktif. Ini tentu mempermudah proses belajar kamu untuk bikin game menggunakan Construct 2. Di internet juga cukup banyak tutorial-tutorial yang bisa membantu kamu belajar, seperti:
  • Proses instalasi yang mudah. Hal ini juga menjadi salah satu alasan kenapa Construct 2 dianggap sebagai game engine yang paling mudah. Karena untuk memakainya kamu hanya perlu mendownload aplikasinya lalu kamu double klik untuk menginstall seperti halnya aplikasi biasa. Tanpa harus dipusingkan oleh pengaturan yang terlalu teknis. Setelah selesai menginstall kamu sudah bisa langsung bereksperimen untuk mencoba bikin game kamu sendiri. Mudah kan? (^^,)

Wah.. Kelihatannya Construct 2 ini memang game engine yang paling mudah ya. Pasti cocok nih untuk dipakai bikin game!

Tunggu dulu..

Walaupun Construct 2 ini memiliki banyak fitur yang memudahkan kamu untuk bikin game, tetap ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan lagi:

  • Construct 2 memang memungkinkan kamu untuk bikin game tanpa harus ngoding. Tapi untuk menerjemahkan ide kamu menjadi game itu tetap membutuhkan logika. Mungkin saja ada beberapa hal dari ide kamu itu yang terlalu kompleks untuk dibuat dengan menggunakan game engine ini. Dan jangan lupa kalau kamu menggunakan versi free dari Construct2 ini, ada beberapa fitur yang dibatasi. Fitur tersebut baru bisa kamu gunakan ketika sudah menggunakan Construct 2 versi lengkapnya.
  • Fitur ekspor multiplatform. Construct 2 menyediakan fitur yang memudahkan kamu untuk mengekspor game buatanmu ke berbagai platform mulai web, dekstop sampai dengan mobile. Untuk tipe game html5 yang dijalankan di browser memang cukup mudah proses ekspornya. Tapi kalau kamu ingin mengekspor gamenya untuk jadi native apps di mobile, ada beberapa hal yang perlu kamu pelajari lebih lanjut lagi. Dan mungkin prosesnya gampang-gampang susah ya.. (^^,)

Jadi Construct 2 ini mudah atau tidak sih?

Jadi sebenarnya Construct 2 ini game engine yang paling mudah atau bukan sih? Menurut saya, Construct 2 ini adalah game engine yang cukup ideal untuk digunakan bagi kalian yang baru pertama kali bikin game.

Banyak hal yang bisa kalian pelajari tentang proses pengembangan game secara (relatif) lebih mudah dibandingkan dengan menggunakan game engine lain. Bagi kamu yang belum punya pengalaman ngoding, Construct 2 ini cukup sesuai untuk mulai bikin game kamu sendiri tanpa harus belajar pemrograman terlebih dulu. Proses instalasi yang mudah, dukungan dokumentasi yang lengkap serta komunitas yang aktif juga menjadikan Construct 2 sebagai game engine yang mudah dipelajari.

Tunggu apa lagi? Kalau kamu punya ide game dan penasaran untuk segera mewujudkannya jadi game, kamu bisa langsung coba Construct 2 ini. Tapi jangan lupa, mudah itu relatif ya. Posting saya kali ini bukan berarti Construct 2 itu mutlak merupakan game engine yang paling mudah. Pengalaman kamu sendiri nanti lah yang bisa menentukan mudah atau tidaknya, cocok atau tidaknya Construct 2 ini sebagai game engine yang paling mudah.

Okay.. Berarti game engine yang lain itu sulit ya?

game_engine_logos Oiya, bagaimana dengan game engine lain yang saya masukkan ke dalam polling kemarin? Apakah itu berarti game engine yang lainnya itu sulit? Tidak juga sih.

Setelah posting tentang Construct 2 ini, saya akan lanjutkan lagi dengan pembahasan tentang game engine lainnya yang saya sebutkan di dalam polling kemarin.

So.. Selamat bereksperimen dengan Construct 2! Bagi yang masih penasaran dengan pilihan game engine yang lainnya, tunggu saja lanjutan postingnya ya.. Cheers!

Posted from WordPress for Lumia

Iklan

Punya pendapat, ide atau saran..? Yuk di-share disini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s