Apa Kabar Firefox OS, Ubuntu Touch, dan Tizen OS?

Saat mulai ngeblog lagi, saya mereview hasil penjelajahan yang saya bagi ke dalam posting di blog ini. Apa saja sih hasil jelajah dan belajar yang saya share disini?

Salah satu yang menarik perhatian saya adalah posting tentang mobile OS terpopuler. Selain OS populer seperti Android, iOS, Windows Phone dan Blackberry, saya juga membahas tentang OS-OS baru yang membawa variasi menyegarkan di dunia mobile OS. Mereka adalah Firefox OS, Ubuntu Touch dan Tizen OS.

Setelah kurang lebih setahun berlalu, apa kabar ya ketiga OS itu?

Firefox OS, Mentransformasi Masa Depan

FirefoxOS_Screenshot_Development_Build_2012-10-23

Saat ini Firefox OS masih berusaha untuk bertahan di pasar mobile low-end. Walaupun mulai mendapat serangan dari Android yang juga cukup agresif untuk menembus target pasar yang serupa.

Ada beberapa alasan kenapa handphone Firefox mengalami kesulitan bersaing dengan Android low-end:

  • Selisih harga yang beda tipis. Ini mungkin relatif ya, karena perbedaan harga 100-200 ribu rupiah mungkin cukup besar untuk masyarakat di negara berkembang.
    Tapi dengan selisih harga tersebut mereka bisa mendapat smartphone Android seperti Motorola E misalnya, atau Windows Phone dengan Lumia 520 nya. Jadi agak sulit bagi Firefox untuk bersaing dengan smartphone yang sudah terkenal itu.
  • Jumlah aplikasi dan games yang masih sedikit. Bila dibandingkan dengan Android atau iOS, jumlah aplikasi dan games yang ada di Marketplace Firefox terbilang masih sangat sedikit.
    Dengan jumlah yang sedikit itu, maka Firefox akan kesulitan untuk menarik perhatian masyarakat agar memilih Firefox OS dibandingkan dengan smartphone lainnya.

Mungkin dari kabar tadi masa depan Firefox OS terdengar agak suram ya. Tapi Mozilla sebagai pembuat Firefox OS tetap bersemangat untuk menjalankan misinya mentransformasi masa depan web.

Kabarnya akhir tahun ini, Mozilla merencanakan untuk merilis handphone dengan kisaran harga 300 ribuan. Dengan harga itu, diharapkan Firefox OS bisa lebih menarik perhatian masyarakat negara berkembang dibandingkan Android atau Windows Phone.

Dan lagi, salah satu kekuatan terbesar dari Firefox adalah pada komunitasnya. Dengan semangat keterbukaan dan kebersamaan yang dimilikinya maka mungkin saja Firefox OS mampu untuk mentransformasi masa depan web dan mobile jadi lebih cerah.

Ubuntu Touch, Pesaing berat Android?

ubuntu-touch-preview-431x269

Jujur saja, selama kurang lebih setahun ini saya jarang mendengar kabar tentang mobile OS yang satu ini. Mungkin bagi para pengguna Linux (khususnya Ubuntu) lebih terupdate dengan kabar tentang Ubuntu Touch ini daripada saya. (^^,)

Tapi setelah saya jelajahi web lagi, ternyata ada cukup banyak kabar yang menyenangkan tentang OS yang satu ini:

  • Canonical (sebagai pembuat OS Ubuntu) telah mengumumkan kerjasama dengan dua partner besar di dunia hardware mobile BQ dan Meizu. Dan mereka telah siap untuk memproduksi smartphone Ubuntu di akhir tahun 2014 ini.
  • Unity interface telah cukup matang untuk digunakan. Unity interface ini adalah salah satu kekuatan dari Ubuntu Touch yang menyediakan User Interface sedemikian rupa sehingga nyaman untuk digunakan di desktop, smartphone dan tablet.

Memang sampai sekitar pertengahan tahun ini belum terlihat adanya smartphone dengan Ubuntu Touch yang beredar di pasaran, tidak seperti Firefox OS. Tapi para penggemar Ubuntu yang menggunakan Nexus bisa mencoba OS ini dengan cara menginstallnya sendiri di smartphone mereka.

Kita tunggu saja di akhir tahun ini, seperti apa perkembangan Ubuntu Touch saat sudah dirilis ke pasar oleh Canonical. Agak tak sabar juga sih melihat seperti apa jadinya Superphone ini nanti.. (^^,)

Tizen OS, To Be Or Not To Be

Tizen_2_score

Firefox OS telah merilis handphonenya di pasaran dan Ubuntu Touch sudah merencanakan untuk mulai memproduksi smartphonenya di akhir tahun 2014 ini, bagaimana dengan Tizen OS?

Sejauh ini, Samsung sebagai pendukung utama Tizen OS baru mengumumkan kalau mereka akan merilis smartphone berbasis Tizen yang dilabeli Samsung Z. Tapi kabar yang saya dengar belakangan, Samsung menunda peluncuran Samsung Z ini karena ingin mengembangkan Tizen OS-nya lebih lanjut lagi.

Waah.. Ini bukan kabar yang menyenangkan bagi para penggemar Samsung yang menantikan kehadiran smartphone Tizen pertamanya.

Tapi bagi yang penasaran dengan Tizen OS, Samsung sebenarnya sudah merilis gadget berbasiskan OS ini. Bukan smartphone sih, melainkan smartwatch. Ya, lini produk smartwatch yang berjuluk Samsung Gear 2 dan Gear 2 Neo telah menggunakan Tizen dan tidak lagi menggunakan Android seperti pendahulunya.

Sebenarnya Tizen OS memiliki potensi yang tidak kalah dengan mobile OS lainnya. Dengan berbasiskan Linux seperti halnya Android, maka para pengguna Tizen OS mungkin tidak mengalami banyak kesulitan untuk mengadopsinya. Dan dengan HTML5, sebenarnya Tizen OS membuka kesempatan bagi para web developer untuk mengembangkan konten (aplikasi maupun games) untuk OS ini.

Tapi sejauh ini kelihatannya Samsung seperti setengah hati untuk mengembangkan Tizen OS hingga bisa menarik perhatian para pengguna smartphone. Kita tunggu saja apakah Tizen OS akan berkembang jadi salah satu OS pesaing Android, atau malah mati sebelum berkembang seperti halnya MeeGo.

Ambil napas sejenak…

Waah.. Panjang juga ya obrolan saya ini.

Well, jeda selama kurang lebih setahun cukup panjang juga sih untuk melihat seperti apa perkembangan di dunia mobile OS. Apalagi mobile OS berkembang dengan cukup cepat selama setahun belakangan ini.

Ketiga OS tersebut juga mengalami perkembangan yang bervariasi,

  • Firefox OS yang telah merilis handphonenya di pasaran terus berjuang untuk bersaing dengan Android dan Windows Phone.
  • Ubuntu Touch terus melangkah untuk menyempurnakan mobile OS-nya dan bersiap-siap untuk menjadi salah satu pesaing berat Android.
  • Tizen OS malah terlihat seperti mengambang, belum terlihat perkembangan yang nyata dan malah agak suram masa depannya.

html5_power

Begitulah sekilas kabar-kabar tentang ketiga OS yang pernah saya bahas di posting saya dulu. Bagi developer, kehadiran OS-OS baru itu bisa membawa angin segar karena terbukanya peluang baru untuk memasarkan konten yang mereka buat. Apalagi bagi para developer HTML5, karena HTML5 sendiri pun sekarang makin menggeliat sebagai alternatif untuk mengembangkan aplikasi/games di platform mobile.

So, kita lihat nanti seperti apa kelanjutan anak-anak baru di dunia mobile OS ini.

Cheers..!

Posted from WordPress for Lumia

Iklan