Merancang Game Pakai Construct2

Baru belajar bikin game? Atau sudah punya ide game tapi masih bingung mulai bikinnya darimana?

Sudah pernah dengar tentang Construct2?

Sebelumnya, saya telah membahas sekilas tentang Construct2. Di posting kali ini saya akan bahas lebih lanjut tentang salah satu software pembuatan game yang cukup populer ini.

Apa sih menariknya Construct2 ini?

“It’s ideal for beginners, and powerful enough to let experts prototype faster than ever before.”

Cocok untuk pemula

Construct2 ini cukup cocok bagi para pemula yang baru pertama kali bikin game. Fitur ‘drag and drop’-nya memudahkan para pemula untuk mewujudkan idenya sampai jadi satu game yang bisa dimainkan.

Bisa mewujudkan ide sampai jadi satu game adalah salah satu pengalaman penting bagi para pemula. Karena dalam proses penyelesaian itu, para pemula bisa mempelajari elemen-elemen yang diperlukan dalam merancang game yang fun. Biasanya para pemula sering terhenti langkahnya karena merasa buntu dalam mewujudkan ide gamenya sampai bisa dimainkan. (Umumnya sih karena merasa aspek pemrogramannya terlalu sulit/kompleks) (^^,)

“Tips: mulailah bikin game pertama kamu dengan ide yang sederhana terlebih dulu.”

Dengan bantuan Construct2 ini, para pemula bisa mewujudkan ide mereka ke dalam bentuk visual dan menciptakan interaksi yang fun ketika dimainkan.

Apakah cocok untuk developer berpengalaman?

Biasanya para developer berpengalaman (baca:programmer) kurang menyukai tools ‘drag and drop’, karena seringkali tools-tools itu memiliki beberapa keterbatasan. Ditambah lagi, dengan ngoding langsung, para developer bisa lebih leluasa untuk mengatur elemen-elemen dalam game itu.

Tapi bukan berarti bikin game dengan tools ‘drag and drop’ itu hanya untuk pemula saja ya. Salah satu kelebihan dari tools seperti ini adalah, para developer bisa (relatif) lebih cepat dan mudah untuk menuangkan ide ke dalam bentuk game yang bisa dimainkan. Ini yang menjadikan Construct2 juga cocok untuk digunakan bagi para developer berpengalaman.

Game designer bisa memakai Construct2 untuk membuat prototype awal gamenya dari ide yang muncul. Prototype itu kemudian digunakan untuk menguji apakah ide tersebut fun untuk dimainkan atau tidak. Kalau prototype itu harus dibuat dulu oleh sang game programmer, maka bisa saja waktu developmentnya terbuang percuma untuk berkutat ngoding mewujudkan ide yang ternyata kurang fun ketika dimainkan.

Game programmer juga bisa menggunakan Construct2 ini sebagai acuan awal untuk kode-kode yang akan dibuat di dalam gamenya nanti. Karena event-system di dalam Construct2 bisa jadi panduan untuk menerjemahkan logic gamenya ke dalam bentuk kodingan sesuai dengan bahasa pemrograman yang akan digunakan.

Ada fitur apa saja sih?

Jadi ada fitur apa saja di Construct2 ini sehingga bisa cocok digunakan baik untuk pemula maupun developer berpengalaman?

  • Visual Editor:
    tampilan_visual_editor
    Dengan fitur ini, kamu bisa merancang game yang akan dibikin secara WYSIWYG (What You See Is What You Get). Hal ini tentu lebih memudahkan untuk melihat seperti apa tampilan gamenya nanti tanpa perlu meng-compile kodingan terlebih dulu.
  • Event System:
    contoh_event_system
    Fitur ini memungkinkan kamu untuk merancang interaksi antar objek dalam game tanpa perlu koding sama sekali. Event system ini juga bisa dijadikan panduan untuk kodingan yang akan dimasukkan ke dalam game. Dari contoh di atas, bila diterjemahkan ke kodingan jadi seperti ini:
    if(bullet.collidesWith(monster, 0, 0, false)) {
        monster.health -= 1;
        showExplosion();
        bullet.destroy();
    }
    
  • Instant Preview:
    tampilan_instant_preview
    Construct2 ini menyediakan fitur untuk melakukan testing/preview di browser. Tidak cuma itu, kamu bisa testing game yang sedang dibikin ke smartphone atau tablet dengan menggunakan Wi-Fi. Menarik kan.. (^^,)

Tadi barulah sebagian dari fitur-fitur yang ada di Construct2, info lebih lengkapnya bisa kamu baca-baca di situs Construct2.

Selamat bereksperimen!

Well.. Sekian dulu obrolan saya tentang Construct2 ini. Semoga posting kali ini bisa membantu kamu yang sedang mewujudkan ide kamu jadi game yang fun.

Oiya.. Sedikit info tambahan tentang Construct2 ini, software ini free untuk digunakan tapi game yang kamu buat tidak bisa dijual secara komersil. Untuk itu, kamu perlu membeli lisensi personal atau business. Info lebih lengkap tentang lisensi Construct2 bisa kamu lihat di sini.

Selamat bereksperimen bikin game ya.. (^^,)

Cheers..!

Posted from WordPress for Windows Phone [Lumia]

Iklan

One thought on “Merancang Game Pakai Construct2

Komentar ditutup.