Penasaran Dengan Game Curiosity?

Pernah dengar tentang game berjudul Curiosity? Game tersebut menjadi salah satu game yang banyak dibicarakan orang pada saat diluncurkan di platform iOS dan Android sekitar 6 bulan yang lalu.

Apa sih istimewanya game buatan sang game designer legendaris Peter Molyneux itu?

Curiosity adalah game multiplayer dengan cara bermain yang sederhana. Pemain memainkan satu kubus raksasa yang tersusun dari lapisan-lapisan kubus kecil (cubelets). Untuk memenangkan game ini, si pemain harus men-tap kubus-kubus kecil tadi untuk membuka lapisan-lapisannya sampai ke bagian inti kubus.

Sederhana kan?

Yang menjadi tantangan ketika memainkan game ini, lawan main kamu adalah para pemain lain yang tersebar di seluruh penjuru dunia! Karena semua orang memainkan satu kubus yang sama. Dan menurut catatan, jumlah pemain yang memainkan game ini mencapai 5 juta orang!

Apa sih yang bikin orang-orang itu begitu antusias memainkan game ini? Mungkin karena hadiah yang dijanjikan oleh Molyneux bagi si pemenang yang berhasil sampai ke bagian inti kubus. Molyneux menjanjikan hadiah yang akan ‘mengubah hidup’..! Tak heran banyak sekali pemain yang berlomba-lomba untuk sampai lebih dulu ke inti kubus. ^_^

Dan setelah 6 bulan para pemain berkutat untuk menembus kubus raksasa tadi, akhirnya kemarin muncullah satu orang pemenang yang berhasil mencapai inti kubus. Sang pemenang bernama Bryan Henderson itu bisa mencapai inti kubus lebih dulu dari sekian juta pemain lawannya. Lucunya, Bryan Henderson baru mulai memainkan game ini sekitar satu jam saja!

Sebagai pemenang, Bryan Henderson pun berhak untuk mendapatkan hadiah ‘pengubah hidup’ dari Molyneux. Apa sih hadiahnya? Ternyata hadiahnya adalah menjadi seorang dewa dalam game terbaru buatan Molyneux yang berjudul Godus. Tak cuma itu, Henderson juga akan mendapatkan bagian dari keuntungan yang dihasilkan oleh game itu. Well.. Itu memang hadiah yang bisa mengubah hidup seseorang ya.. =)

Ngomong-ngomong, mungkin ada yang bertanya-tanya kenapa saya membahas tentang game ini ya?

Well.. Bagi saya game Curiosity ini menarik karena efek yang ditimbulkannya untuk para pemainnya. Sejak awal diluncurkan sampai munculnya pemenang, game ini menimbulkan efek yang beragam sampai jadi semacam kontroversi. Mulai dari yang memuji kejeniusan Molyneux, sampai dengan pendapat yang menganggap kalau game ini tak lebih dari hanya sekedar strategi marketing untuk mempromosikan game terbarunya Godus.

Apapun alasan sebenarnya, bagi saya game ini tetap bisa jadi pelajaran game design dari sang game designer legendaris Peter Molyneux. Bagaimana dia bisa meracik sesuatu yang sederhana tapi tetap fun untuk dimainkan dan bikin penasaran jutaan orang untuk bermain.

Salut..!

Posted from WordPress for Windows Phone [Lumia]

Iklan