Anak Baru di Dunia Mobile OS: Firefox, Ubuntu, Tizen.

Seperti obrolan saya sebelumnya , saat ini Android dan iOS adalah para raja di dunia smartphone. Walaupun di tahun 2012 lalu muncul beberapa alternatif OS lain, tapi posisi kedua OS tadi masih terlalu kuat untuk digoyahkan.

Nah.. Bulan Februari lalu, Ajang Mobile World Congress 2013 jadi tempat peluncuran bagi para pendatang baru di dunia mobile OS. OS-OS baru itu adalah Firefox OS, Ubuntu Touch, dan Tizen. Seperti apa sih OS-OS pendatang baru itu?

Firefox OS
Mozilla_Firefox_3.5_logo_256
FirefoxOS_Screenshot_Development_Build_2012-10-23
Firefox OS adalah mobile OS berbasiskan web yang dikembangkan oleh Mozilla melalui proyek Boot to Gecko (B2G). Mozilla mengembangkan OS ini dengan tujuan untuk memberikan alternatif opensource yang tidak bergantung pada teknologi tertutup (proprietary).

OS ini dikembangkan dari perpaduan antara Linux dan teknologi Gecko milik Mozilla. Yang menarik dari OS ini adalah seluruh tampilan user interface dan apps di dalamnya dibuat dengan menggunakan teknologi HTML5. Nah, buat kamu yang berlatar belakang developer web, kamu bisa membuat apps untuk OS ini tanpa harus belajar bahasa pemrograman yang baru. Menarik kan?

Rencananya smartphone dengan OS ini akan dipasarkan pertengahan tahun 2013 dengan target awal pasar negara berkembang. Saat diperkenalkan di acara MWC kemarin, OS ini sudah muncul di ZTE Open dan Alcatel One Touch Fire. Beberapa nama besar operator seperti Telefonica, Deutsche Telekom dan China Mobile sudah menyatakan dukungan terhadap OS ini. Kabarnya Sony Mobile pun tertarik dengan Firefox OS dan mulai menguji coba OS ini di smartphone Xperia.

Kalau penasaran seperti apa tampilan Firefox OS, kamu bisa cek video ini.

Ubuntu Touch
ubuntu-touch-preview-431x269

Ubuntu Touch adalah OS berbasiskan Ubuntu yang dikembangkan oleh Canonical. Walaupun namanya sama-sama Ubuntu, tapi  Ubuntu Touch ini ditujukan untuk smartphone dan tablet.

Berbeda dengan Firefox OS, Ubuntu Touch ini mendukung native-apps dan juga web-apps yang dibuat menggunakan HTML5. Selain itu, OS ini tidak menggunakan Java (Dalvik VM) seperti halnya Android sehingga bisa berjalan lancar bahkan di smartphone dengan spesifikasi rendah sekali pun.

Canonical menyebut OS ini sebagai Superphone sekaligus full PC. Karena OS ini adalah versi mobile dari Ubuntu OS yang diinstal ke dalam PC sekarang ini. Jadi bayangkan kalau kamu nanti bisa ngoding hanya dengan menghubungkan smartphone Ubuntu dengan monitor eksternal, tanpa harus membawa laptop kemana-mana. Kereen…!
Informasi lebih lengkap tentang OS ini bisa kamu temukan di situs resmi Ubuntu.

Walaupun pada saat dikenalkan di Ajang MWC 2013 lalu OS ini belum menggunakan smartphone official dari para vendor seperti halnya Firefox OS dengan ZTE dan Alcatel, tapi respon awalnya cukup positif. Tampilan user interface-nya berkesan elegan, responsif dan tidak mengekor tampilan Android atau iOS. Kalau kamu penasaran seperti apa tampilannya, kamu bisa lihat review awalnya di sini.

Tizen
Tizen_logo_dark

Tizen_2_score

Tizen adalah OS yang berbasiskan Linux dan didukung oleh nama-nama besar seperti Samsung dan Intel. OS ini memiliki konsep ambisius yaitu menjadi OS opensource yang bisa dipakai di berbagai perangkat, mulai dari smartphone, tablet, netbooks sampai dengan Smart TV. Woow..!

Karena Tizen adalah OS opensource maka para programmer bisa mempelajari dan berkontribusi dalam pengembangannya. Sama seperti Ubuntu Touch, Tizen OS ini juga mendukung native-apps dan web-apps. Kalau kamu tertarik membuat native-apps untuk OS ini, kamu bisa cek di developer guide ini. Dan untuk informasi pengembangan web-apps-nya bisa kamu lihat di halaman ini.

Kabarnya smartphone dengan Tizen OS ini akan dipasarkan pertengahan tahun 2013. Kalau penasaran ingin melihat seperti apa tampilan Tizen OS, kamu bisa lihat di video ini.

Selamat Datang Opsi-Opsi Baru
Bagi saya, yang menarik dari kemunculan para OS pendatang baru ini adalah:

  • Semakin banyak opsi yang bisa jadi pilihan untuk membeli smartphone.
    • Kalau sebelumnya untuk smartphone high-end hanya ada empat pilihan (Android, iOS, Windows Phone atau BlackBerry), maka kini ada pilihan lain seperti Ubuntu Touch atau Tizen. Ubuntu Touch bahkan disebut-sebut sebagai Superphone. =))
    • Untuk kelas low-end dan mid-end juga ada pilihan-pilihan baru selain Android atau Windows Phone. Bagi para pecinta browser Firefox, bisa memilih Firefox OS yang memang ditargetkan untuk smartphone kelas low-end dan mid-end. Ubuntu Touch dan Tizen pun kabarnya bisa digunakan untuk smartphone dengan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi.
  • Terbuka opsi platform lain bagi para developer.
    • Bagi para developer web, kini tersedia platform baru untuk mengembangkan dan memonetasi apps buatan kamu. Mulai dari Firefox OS yang sepenuhnya terbuat dari teknologi web, sampai dengan OS yang mendukung native dan web seperti Ubuntu Touch dan Tizen.
    • Lebih menariknya lagi, Ubuntu Touch kabarnya bisa digunakan sebagai pengganti PC. Jadi ada kemungkinan para developer bisa ngoding untuk membuat apps-nya hanya dengan menggunakan smartphone saja. Hebat..!

Well.. mari kita tunggu saja seperti apa nanti OS-OS baru ini ketika sudah muncul di pasaran. Apakah bisa menggoyahkan posisi Android dan iOS yang ada di puncak atau justru mengalami kegagalan seperti halnya WebOS atau MeeGo sebelumnya?

Oiya.. waktu menulis posting ini, saya menemukan artikel yang juga membahas tentang OS-OS pendatang baru ini. Kamu bisa melihat tabel perbandingan antara OS-OS tersebut di artikel TeknoJurnal ini.

Sekian dulu posting kali ini, lain kali akan saya lanjutkan dengan obrolan lain tentang dunia mobile ya..

Selamat menjelajah.. Cheers..!

Iklan

4 thoughts on “Anak Baru di Dunia Mobile OS: Firefox, Ubuntu, Tizen.

Komentar ditutup.