Keluarga Besar Cocos2D

Ketika menulis posting tentang Cocos2D untuk iPhone, saya melihat perkembangan yang sangat pesat dari framework Cocos2D. Berawal dari framework untuk membuat game dengan bahasa Python, lalu berkembang jadi framework game untuk platform iOS. Kini Cocos2D berkembang lebih luas lagi dengan bertambahnya jumlah target platform yang didukungnya. Saat ini bisa dibilang kalau Cocos2D sudah jadi semacam keluarga besar framework game yang multiplatform.

Siapa saja sih anggota keluarga framework Cocos2D itu?

Update: Saat ini keluarga besar Cocos2D sudah berkembang lebih pesat lagi. Kamu bisa cek perkembangan terakhirnya di posting yang ini.

Cocos2D untuk iOS
cocos2d
Versi ini adalah varian pertama dari keluarga besar Cocos2D. Saat ini sudah banyak game untuk iOS yang dibuat dengan menggunakan Cocos2D untuk iPhone ini. Saya pernah membahas tentang framework ini di posting sebelumnya.

Cocos2D-X
cocos2dx
Ini adalah varian Cocos2D yang memiliki target platform paling banyak dibandingkan varian yang lain. Target platformnya antara lain:

  • Mobile platform:
    • iOS
    • Android
    • WindowsPhone 8
    • BlackBerry
  • Desktop platform:
    • Win32
    • Linux
    • Windows Metro
    • MacOS

Waah.. banyak juga ya platform yang didukung oleh Cocos2d-x ini. (^^,)

Untuk membuat game dengan framework ini, bahasa pemrograman yang digunakan adalah C++, Lua dan Javascript. Bagi kamu yang ingin membuat game dengan target multiplatform, Cocos2d-x ini bisa jadi pilihan yang menarik. Kamu bisa mampir ke halaman wiki-nya untuk menggali informasi lebih lengkap tentang framework ini.

Cocos2D HTML5
cocos2d-html5
Ini adalah varian Cocos2D yang paling muda umurnya. Dikembangkan sebagai versi HTML5 dari Cocos2d-x sejak Maret 2012 lalu. Hebatnya, game yang dibuat dengan framework ini bisa dimainkan di banyak perangkat mulai dari browser di desktop sampai dengan smartphone.

Untuk membuat game dengan framework ini, kamu bisa menggunakan Javascript. Informasi lengkapnya bisa kamu lihat di halaman wiki ini. Kalau kamu penasaran untuk mulai membuat game dengan Cocos2D HTML5 ini, bisa belajar dari tutorial karangan Ray Wenderlich ini.

Ayo buat game..!
Pada obrolan saya terdahulu tentang Cocos2D untuk iPhone, saya telah membahas tentang kelebihan framework Cocos2D ini dalam pembuatan game. Varian-varian Cocos2D yang saya bahas tadi juga memiliki kelebihan yang serupa karena mereka dikembangkan dari Cocos2D untuk iPhone. Ini akan mempermudah kamu untuk membuat game yang ditargetkan untuk banyak platform.

Jadi, silahkan pilih varian mana yang paling cocok dengan kebutuhan kamu dan ayo kita mulai buat game..!

Selamat bereksperimen..! Cheers..!

Iklan

2 thoughts on “Keluarga Besar Cocos2D

Komentar ditutup.