Mobile OS Terpopuler. Belajar yang Mana ya? Part-2

Haii… Pada posting kali ini, saya akan menyambung obrolan saya sebelumnya tentang mobile OS terpopuler saat ini yang membahas tentang dua raja OS di dunia smartphone saat ini, Android dan iOS. Kali ini saya akan lanjutkan dengan obrolan tentang OS-OS lain yang bisa jadi alternatif.

Saat ini sudah ada beberapa OS alternatif yang telah muncul seperti Windows Phone, Nokia S40, BlackBerry 10. Dan ada beberapa lagi akan menyusul di tahun 2013 seperti Firefox OS, Ubuntu OS, dan Tizen.

Windows Phone
WindowsPhone8Purple.svg

Windows_Phone_8_StartScreen
Tak mau kalah bersaing dengan Apple dan Google, Microsoft yang sebelumnya memiliki OS bernama Windows Mobile me-reboot OS mobile-nya dengan meluncurkan Windows Phone 7 di tahun 2010. Lalu dilanjutkan dengan versi Windows Phone 8 yang dirilis pada tahun 2012.

Kalau kamu sudah bosan dengan tampilan iOS atau Android, mungkin Windows Phone bisa jadi alternatif lain yang menyegarkan. Kamu bisa mampir ke sini untuk melihat seperti apa mobile OS terbaru buatan Microsoft tersebut.

Saat ini vendor yang menggunakan OS Windows Phone ini adalah Nokia dengan seri Lumia-nya dan HTC dengan dua produknya HTC 8X dan HTC 8S.

Bagi kamu yang tertarik untuk membuat apps di Windows Phone 8, beberapa hal yang diperlukan adalah:

Untuk informasi lebih lengkapnya, kamu bisa mampir ke development center Windows Phone. Dan untuk memonetasi apps yang sudah dibuat, kamu bisa mendistribusikannya ke marketplace milik Microsoft di sini.

Nokia S40
Selain meluncurkan smartphone dengan OS Windows Phone, Nokia juga tetap merilis handphone untuk kalangan menengah ke bawah dengan produk-produknya yang berbasiskan OS S40. Walaupun bukan smartphone, tapi handphone S40 ini juga memiliki fitur yang cukup canggih seperti browsing internet, akses ke social media seperti Facebook, Twitter, Youtube. Selain itu handphone S40 ini juga bisa dipakai untuk main game lho.. =))

Keluarga Nokia Asha bisa dibilang adalah produk Nokia S40 yang paling populer saat ini. Saya melihat cukup banyak pengguna Nokia Asha di Indonesia.

Bagi kamu yang tertarik untuk membuat apps di platform ini, yang perlu dipersiapkan adalah:

  • Netbeans IDE dan Sun Java micro-edition SDK untuk tipe Nokia S40 classic. 1200-nokia-c2-00_red
  • Netbeans IDE dan Nokia Java SDK 1.1 untuk Nokia S40 tipe touch and type. 1200-nokia_x3_touch-and-type_2
  • Nokia IDE untuk S40 tipe full touch screen. Asha_311
  • Bahasa pemrograman yang digunakan adalah Java ME. Bagi kamu yang baru pertama kali mendengar tentang Java ME, bisa mulai belajar dari artikel ini.

Informasi yang lebih lengkap bisa kamu temukan di artikel tentang pengembangan aplikasi S40 ini. Dan untuk memonetasi apps yang telah dibuat, kamu bisa mendistribusikannya ke Nokia Store.

Sekedar info tambahan, saat ini para pengembang Indonesia pun banyak yang tetap aktif mengembangkan apps di platform S40 ini. Bahkan di tahun 2012 lalu pengembang dari Indonesia mampu menjadi juara dunia di ajang kontes “Create for Millions” yang diadakan Nokia. Teman-teman saya dari TheStudioIndependent sudah merilis game berjudul Michi-Michi Panic dan dari Chocoarts juga sudah merilis game berjudul Keto Adventure di Nokia Store.

BlackBerry 10
230px-Blackberry_Logo.svg BlackBerry_10_screenshot

Nah.. Kalau untuk OS yang satu ini, mungkin sudah tidak asing lagi buat sebagian besar pengguna smartphone di Indonesia ya.. =)
Kepopuleran aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) bisa dibilang menjadi salah satu alasan populernya penggunaan smartphone ini beberapa tahun belakangan di Indonesia dan di seluruh dunia. Namun sejak munculnya iPhone dan semakin populernya Android, pengguna BlackBerry pun menurun drastis. Semakin turunnya jumlah pengguna BlackBerry itu membuat RIM me-reboot OS mobile-nya dengan merilis OS terbarunya berlabel BlackBerry 10 di akhir Januari 2013. Kalau kamu ingin melihat seperti apa OS terbaru BlackBerry tersebut, bisa mampir ke sini. Dan kalau penasaran dengan handset terbarunya yang berlabel BlackBerry Z10 bisa dilihat di sini.

BlackBerry menyediakan beberapa opsi untuk mengembangkan apps di OS terbarunya ini, seperti:

  • BlackBerry Native. Opsi buat kamu yang memiliki pengalaman untuk mengembangkan apps dengan menggunakan bahasa pemrograman C++.
  • Kalau kamu memiliki latarbelakang sebagai pengembang web bisa membuat apps di platform ini dengan menggunakan BlackBerry Webworks.
  • Bagi kamu yang sudah pernah membuat apps dengan menggunakan Adobe ActionScript, BlackBerry menyediakan BlackBerry SDK untuk Adobe Air.
  • Satu opsi lagi yang diberikan oleh BlackBerry adalah me-repackage aplikasi yang dibuat dengan Android agar bisa dijalankan di OS BlackBerry 10. Informasi lebih lengkapnya bisa kamu temukan di dokumentasi ini.

Nah.. untuk monetasinya, kamu bisa mendistribusikan apps yang sudah dibuat ke marketplace milik BlackBerry, yaitu BlackBerry App World.

Gelombang pertama
Beberapa OS yang telah saya bahas tadi barulah gelombang pertama dari OS-OS alternatif yang telah muncul sejak tahun 2012 lalu. Mobile OS lain yang akan segera menyusul antara lain:

  • Firefox OS buatan Mozilla. OS ini baru saja diluncurkan di acara Mobile World Congress (MWC) 2013 di Barcelona. Seperti apakah OS yang berbasiskan Open Web ini? Kamu bisa lihat reviewnya di sini.
  • Ubuntu OS untuk Mobile. Handphone dengan OS ini kabarnya akan diluncurkan pada tahun 2014. Namun kalau kamu penasaran, bisa melihat previewnya di sini.
  • Tizen OS. OS ini adalah OS opensource yang ditangani oleh suatu konsorsium teknis yang salah satu anggotanya adalah Intel dan Samsung. Kabarnya Samsung akan meluncurkan smartphone pertama yang berbasiskan Tizen ini di pertengahan tahun 2013.

Kalau kamu penasaran seperti apa OS-OS pendatang baru yang muncul di tahun 2013, kamu bisa mampir ke posting saya yang membahas tentang para pendatang baru di dunia mobile OS ini.

Jadi mulai belajar yang mana?
Nah.. setelah pembahasan mengenai mobile OS tadi mungkin kamu justru jadi bingung untuk memilih mana yang akan dipelajari. Saran saya, mulailah dari platform pada gadget yang kamu gunakan. Atau kamu bisa memilih platform yang pengembangannya menggunakan bahasa pemrograman yang telah kalian ketahui. Sewaktu sedang menulis posting ini, saya juga menemukan saran yang cukup bijak dari TeknoJurnal. Pada akhirnya pilihannya ada di tangan kamu sendiri untuk memilih dan bereksperimen dengan platform manapun yang kamu suka.

Well.. Selamat belajar dan bereksperimen ya.. Cheers..!

Iklan

2 thoughts on “Mobile OS Terpopuler. Belajar yang Mana ya? Part-2

Komentar ditutup.