Cocos2d iPhone – Fast, Fun, Free!

cocos2d

Hai… baru-baru ini saya memuat posting tentang mobile OS terpopuler yang juga membahas tentang platform iOS. iOS adalah OS buatan Apple yang dipakai untuk iPhone, iPad, dan iPod Touch. Selain itu, saya juga membahas sedikit tentang sisi developmentnya bagi kamu yang tertarik untuk membuat apps di perangkat iOS.

Nah.. Obrolan saya kali ini akan melanjutkan pembahasan tentang development game di platform iOS dengan memakai salah satu framework terkenal yang bernama Cocos2D.

Perkenalan Awal
Awalnya Cocos2D adalah sebuah framework game yang dibuat dengan bahasa pemrograman Python. Framework ini bermula dari para programmer yang tergabung dalam kelompok Python Argentina. Para programmer ini mengikuti kegiatan kompetisi pembuatan game bernama PyWeek. Di acara tersebut mereka membuat game dari awal sampai selesai. Mulai dari menyusun kode untuk game logic, membuat tampilan menu, menampilkan animasi dll.

cocos2d-rectKemudian pada acara pertemuan rutin para programmer Python bernama PyCamp: Python Outdoors, para programmer tadi mencetuskan ide untuk menggabungkan kode-kode game yang telah mereka buat sebelumnya jadi suatu framework game 2D. Waktu itu acaranya diadakan di kota Los Cocos, Cordoba. Itulah kenapa framework ini dinamakan Cocos2D, karena framework ini digunakan untuk membuat game 2D dan idenya tercetus ketika para pembuatnya sedang berada kota Los Cocos.. =))

Cocos2D versi Python ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2008 di sebuah konferensi programmer Python di Lithuania. Dan pada saat yang kurang lebih bersamaan, versi Cocos2D untuk iPhone pun mulai dikembangkan. Versi ini menggunakan Objective C, bahasa pemrograman native untuk platform iOS. Dan pada November 2008, Cocos2D untuk iPhone mulai diperkenalkan kepada programmer di seluruh dunia.

Komunitas programmer iPhone pun menyambut antusias munculnya framework Cocos2D untuk iPhone. Di akhir tahun 2008 muncul setidaknya 40 game di AppStore yang dibuat dengan menggunakan framework ini. Kemudian di tahun 2009, game berjudul Stick Wars menjadi aplikasi dengan penjualan no.1 di AppStore selama beberapa minggu. Hingga kini Cocos2D untuk iPhone masih terus dikembangkan oleh komunitas programmer dan semakin banyak game yang dibuat menggunakan framework ini.

Apa sih menariknya Cocos2D untuk iPhone?
Well.. framework ini memiliki beberapa kelebihan seperti:

  • Free. Ini jelas satu kelebihan yang menyenangkan kan? =))
  • Open Source. Selain free, Cocos2D ini juga open source. Jadi kita bisa belajar dan memodifikasinya bila dibutuhkan.
  • Cepat. Kode-kode OpenGL ES yang digunakan di dalam Cocos2D sudah dioptimasi untuk perangkat mobile.
  • Komunitas. Cocos2D juga didukung oleh komunitas yang aktif untuk saling berdiskusi dan mengembangkan framework ini.
  • Sudah banyak (sekitar 2500) game yang dibuat dengan menggunakan Cocos2D yang dipublish ke AppStore.

Fitur-fitur yang dimiliki oleh framework ini antara lain:

  • Scene management.
  • Scene transition.
  • Sprite dan spritesheets.
  • Dua physic engine yang telah terintegrasi: Box 2D dan Chipmunk.
  • Efek partikel.
  • Sound effect.

Kalau mau melihat fitur-fitur lengkapnya, kamu bisa mampir ke situs Cocos2D untuk iPhone ini.

Selamat mencoba!
Nah.. obrolan saya tadi hanya membahas Cocos2D untuk iPhone secara singkat. Untuk informasi lebih lengkapnya bisa digali dari halaman dokumentasi Cocos2D untuk iPhone. Kalau kamu ingin melihat dan mempelajari beberapa contoh game yang dibuat memakai Cocos2D untuk iPhone bisa dilihat di sini.

Screen Shot 2013-02-20 at 3.46.57 PMSaat ini saya juga sedang belajar membuat game memakai Cocos2D untuk iPhone. Selain dari link-link yang saya sebutkan tadi, saya juga banyak belajar dari tutorial yang dibuat oleh tim penulis di blog milik Ray Wenderlich. Di blog itu kalian bisa belajar untuk menampilkan animasi, ada juga tutorial untuk membuat game Space Shooter dan masih banyak tutorial lainnya. Namun bagi kamu yang baru pertama kali membuat game untuk iPhone, bisa mulai dari tutorial membuat game sederhana ini.

Oiya.. kalau kamu baru pertama kali mengenal bahasa pemrograman Objective C, kamu bisa mulai mempelajarinya di sini.

Okay.. obrolannya saya cukupkan sampai sini dulu ya.. Nanti saya akan membagi pengalaman saya membuat game dengan menggunakan framework Cocos2D untuk iPhone ini di posting saya yang selanjutnya.

Update:

  • Kalau ingin membuat apps untuk platform iOS tapi belum pernah memakai Objective C, kamu bisa mencoba varian Cocos2D yang bernama Cocos2D-x. Varian ini bisa dipakai untuk membuat apps yang bisa dijalankan di platform Android dan iOS.
  • Opsi lain bagi kamu yang punya latar belakang sebagai pengembang web, kamu bisa mencoba varian Cocos2D yang bernama Cocos2D HTML5. Varian ini juga bisa dipakai untuk membuat apps pada platform mobile dan desktop.

Baru-baru ini saya memuat posting yang membahas tentang varian-varian Cocos2D di atas.

Penasaran ingin coba bikin game pakai Cocos2D-iPhone? Yuk belajar bareng di sini.

Selamat belajar dan bereksperimen.. Happy Weekend..! Cheers!

Iklan

One thought on “Cocos2d iPhone – Fast, Fun, Free!

Komentar ditutup.