Mobile OS Terpopuler. Belajar yang Mana ya? Part-1

Belakangan ini saya tergelitik melihat maraknya pemakaian smartphone di sekitar saya. Di jalan. Di dalam kendaraan umum. Di tempat kerja. Di mall. Bahkan ada yang masih membawa smartphonenya sampai ke (maaf) toilet.

Memang sekarang smartphone sudah semakin setara dengan PC/laptop yang bisa dipakai untuk berbagai macam kegiatan. Seperti menjelajah internet, chatting, main games, termasuk membuat posting blog.

Nah.. Kalau di dunia PC mungkin nama-nama seperti Windows (masih ingat XP?), MacOS, atau Linux sudah akrab di telinga ya. Ketiga nama itu adalah Operating System/OS yang paling populer digunakan untuk PC.

Bagaimana dengan OS untuk smartphone?

Karena rasa tergelitik itulah, maka kali ini saya ingin ngobrol-ngobrol tentang OS-OS populer yang dipakai di smartphone masa kini. Sebagai tambahan saya juga akan sedikit membahas tentang sisi developmentnya bagi kalian yang tertarik untuk membuat apps untuk smartphone.
bikin game yang bisa dimainkan di gadget kita sendiri itu menyenangkan lhoo.. =))

Mungkin beberapa tahun lalu kita hanya mengenal nama Symbian atau BlackBerry sebagai OS untuk smartphone. Namun saat ini sudah banyak OS-OS baru yang muncul dan menggeser kejayaan Symbian sebagai raja di dunia mobile OS.

Android-Google

Android_robot Android_4.2_on_the_Nexus_4

OS buatan Google ini merupakan OS yang paling banyak digunakan sekarang. Banyak pabrikan smartphone yang menggunakan Android untuk produk-produknya, seperti Samsung, Sony, HTC. Google sendiri pun kabarnya akan meluncurkan produknya sendiri tahun ini.

Salah satu hal yang lucu dari Android adalah sistem penamaan versi OS-nya yang mengambil nama-nama dari makanan penutup (dessert) yang rasanya manis seperti Gingerbread (Android 2.3), Ice Cream Sandwich (Android 4.0) dan Jelly Bean (Android 4.1). Kalau ingin tahu lebih banyak tentang sejarah versi-versi OS Android tadi, kalian bisa mampir ke wikipedia. Atau kalian bisa melihat sejarahnya secara visual di sini.

Android adalah software opensource sehingga banyak programmer yang tertarik untuk menguliknya. Bagi kamu yang tertarik untuk mengulik Android lebih dalam lagi bisa mampir ke halaman Android opensource ini.

Namun, kalau kamu lebih tertarik untuk membuat apps maka yang perlu dipersiapkan adalah:
+ ADT Bundle, yang sudah berisi tools-tools yang diperlukan untuk development di platform Android. Informasi lebih lengkapnya bisa dilihat di halaman developer Android.
+ Pengetahuan tentang bahasa pemrograman Java.

Untuk awalnya, kamu bisa mulai dengan membuat aplikasi Android sederhana. Tutorialnya bisa dipelajari di sini.

Untuk memonetasi apps yang sudah dibuat, kamu bisa mendistribusikannya ke Google Play.

iOS-Apple

Apple_iOS
IOS_6_Home_Screen

Selain MacOS, Apple juga memiliki OS yang khusus digunakan untuk perangkat mobile-nya (iPhone, iPad dan iPod Touch) yang diberi nama iOS. Pada saat diluncurkan pertama kali di tahun 2007, iOS menetapkan standar baru bagi OS yang digunakan untuk smartphone di masa itu. Sejak itu, iOS terus dikembangkan oleh Apple untuk produk-produk mobile-nya. Bagi kamu yang ingin tahu lebih banyak tentang sejarah iOS hingga versi terbarunya iOS 6 bisa mampir ke sini.

Yang diperlukan untuk development di iOS adalah:
+ XCode , IDE yang digunakan untuk development apps iOS dan MacOS.
+ Pengetahuan tentang bahasa pemrograman Objective C. Kalau baru pertama kali mendengar tentang Objective C, kamu bisa mulai mempelajarinya di sini.

Untuk perkenalan awal tentang development apps di iOS, kamu bisa mampir ke halaman introduksi ini. Di situ kamu juga bisa mempelajari tutorial pembuatan aplikasi sederhana untuk iOS. Informasi lebih lengkap tentang development di iOS bisa dilihat di development center milik Apple.

Apps yang sudah kamu buat bisa didistribusikan ke AppStore milik Apple. Saat ini sudah 40,000,000,000+ aplikasi yang didownload oleh para pengguna iOS di seluruh dunia. Pasar yang cukup menjanjikan ya? =)

Ambil napas sejenak…
Waah… panjang juga ternyata obrolan saya ya.. =))
Kita ambil napas sejenak sambil menyimpulkan apa yang sudah saya bahas tadi.

Jadi, saat ini dua OS yang merajai dunia smartphone adalah Android dan iOS. Saya juga melihat di Indonesia pengguna OS ini sangat banyak di masyarakat, terutama untuk Android. Bagi kalian yang ingin membuat aplikasi dengan target pasar yang besar, maka dua OS ini bisa jadi pilihan utama.

Untuk informasi tentang developmentnya pun bisa dibilang bertebaran di dunia maya. Saya pun saat ini sedang belajar untuk membuat aplikasi untuk Android dan iOS, nanti saya akan berbagi tutorial di posting saya yang lain ya.. =))

Well.. Sekian dulu obrolan saya tentang dua mobile OS yang terpopuler saat ini. Kalau kamu ingin tahu tentang OS alternatif selain Android dan iOS, bisa mampir ke posting saya yang ini.

Selamat menjelajah dan belajar untuk semuanya.. Cheers..!

Iklan

9 thoughts on “Mobile OS Terpopuler. Belajar yang Mana ya? Part-1

  1. orang ganteng berkata:

    kalo buat app android, apakah harus didaftarkan dlu ke android market apa tidak untuk aplikasi tersebut…?

      • orang ganteng berkata:

        Thanks buat responnya….;)
        kalo seandainya tidak didaftarkan dan hanya untuk kebutuhan coba-coba atau untuk internal office aja tapi tetap terhubung dengan koneksi internet, apakah aplikasi tersebut bisa berjalan atau tidak…?

      • You’re welcome.. =)

        Hmm.. kalo cuma untuk eksperimen, tidak perlu daftar dulu sih. Device Androidnya bisa langsung dihubungkan ke PC atau laptop yang dipakai untuk development. Nanti aplikasi yang kamu buat bisa terinstal di device tanpa harus didistribusikan lewat Google Play.

        Untuk langkah-langkah settingan device supaya bisa dipakai buat testing bisa dipelajari di dokumentasi Android ini.

Komentar ditutup.