Hello World!

Hello_World_Perl_GTk2_2012-12-04

Hello wor(l)d(press)……!

Judul posting pertama saya di blog ini sangat tipikal programmer sekali ya? =))
Saya sengaja memakai judul itu sebagai salam perkenalan saya dengan kalian yang mampir di blog ini. Tapi pada posting pertama ini saya bukan sekedar Say Hello saja, saya juga mau ngobrol-ngobrol ringan tentang ‘hello world’ dalam sejarah dunia pemrograman.

Kenapa membahas tentang ‘hello world’?

Well.. sepertinya sudah jadi kebiasaan saya sejak pertama kali belajar pemrograman untuk menampilkan ‘hello world’ di layar komputer. Tapi kalau cuma menampilkan kata-kata ‘hello world’ saja, posting ini jadi kurang menarik kan? =)

Sejarah ‘hello world’

‘hello world’ sudah sejak lama dipakai dalam dunia pemrograman, pertama kali dipakai dalam buku karangan Kernighan yang membahas tentang tutorial bahasa pemrograman B yang terbit pada tahun 1972.

Sekedar info tambahan.. Kalau kalian belum pernah mendengar tentang bahasa pemrograman B, bahasa itu merupakan cikal bakal munculnya bahasa pemrograman C yang sekarang banyak digunakan untuk pengembangan aplikasi dan games. =)

Sejak saat itu ‘hello world’ sudah digunakan dalam berbagai macam bahasa pemrograman dan akhirnya berkembang menjadi semacam tradisi bagi para programmer. Bagi para pemula yang baru belajar pemrograman, ‘hello world’ menjadi program pertama yang mereka tulis untuk mempelajari apa itu pemrograman dan bagaimana cara program komputer itu bekerja. Sementara bagi para programmer yang sudah berpengalaman, ‘hello world’ digunakan untuk mempelajari syntax dan tools yang akan mereka gunakan ketika sedang mempelajari bahasa pemrograman yang baru.

Saya pun dulu mulai belajar bahasa pemrograman Java dengan cara menulis program ‘hello world’ seperti ini:

class HelloWorld {
    public static void main(String[] args) {
        System.out.println("Hello World Java");
    }
}

Lalu ketika saya melihat kata-kata ‘Hello World Java’ yang muncul di layar komputer, saya menjadi senang bukan kepalang. My first step into programming..! Yaay..! =))

Langkah Pertama untuk Nge-blog

Jadi itulah sedikit cerita tentang sejarah ‘hello world’ di dunia pemrograman. Cukup sekian dulu salam perkenalan saya lewat posting yang menjadi langkah pertama saya terjun nge-blog ini. Sampai jumpa di posting-posting yang berikutnya ya.. =))

nb: saya menemukan jokes ini yang menunjukkan variasi-variasi dari penggunaan ‘hello world’. =))

sumber gambar

Iklan

One thought on “Hello World!

Komentar ditutup.